1.400 Imigran Diselamatkan dari Laut Mediterania

Sonya Michaella    •    Selasa, 29 Nov 2016 09:51 WIB
imigran gelap
1.400 Imigran Diselamatkan dari Laut Mediterania
1.400 imigran ilegal diselamatkan dari Laut Mediterania (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mediterania: Tim penyelamat berhasil menyelamatkan sekitar 1.400 imigran di lepas pantai Libya, setelah Italia mengumumkan jumlah imigran yang tiba tahun ini akan melonjak.

"Ini adalah hari yang sangat sulit tetapi berkat kerja dari unit yang membantu, semua imigran bisa diselamatkan," ucap juru bicara penjaga pantai Italia, seperti dikutip AFP, Selasa (29/11/2016).

Ribuan imigran tersebut melakukan perjalanan dalam cuaca berbahaya. Pasalnya, musim dingin yang sedang melanda akan menyebabkan risiko hipotermia.

Tak hanya Italia, tetapi Irlandia juga membantu menyelamatkan imigran yang ingin menyeberang dari Afrika ke Eropa dengan kapal komersial.

Tahun ini, lebih dari 176.000 imigran telah tiba dari Laut Mediterania, yang mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 170.000. Namun, penghitungan tersebut tidak termasuk penyelamatan.

Sebagian besar imigran yang mendarat di Italia berasal dari Afrika dan memulai penyeberangan dari Libya. Biasanya mereka membayar penyelundup untuk membantu perjalanan mereka.

Tujuan mereka adalah untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa, terutama di Jerman dan Swedia. Dilaporkan, setidaknya 4.500 imigran dipastikan tewas atau hilang di Mediterania sepanjang 2016 ini.

Seringkali mereka menggunakan kapal yang berukuran kecil di mana kapal tersebut tak kuat untuk menampung ribuan orang sehingga tenggelam di tengah laut.

Italia juga menjadi salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan dari para migran selama tiga tahun terakhir. Mereka sengaja meninggalkan negara asalnya untuk melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan.

 


(WIL)