Turki Bunuh 99 Militan Kurdi dalam Operasi Terbaru

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 19:39 WIB
turki
Turki Bunuh 99 Militan Kurdi dalam Operasi Terbaru
Polisi wanita dari Pasukan Khusus Kepolisian Turki. (Foto: Wikipedia)

Metrotvnews.com, Ankara: Pasukan keamanan Turki telah membunuh 99 militan Kurdi, termasuk satu perwira tinggi, dalam operasi di wilayah tenggara sejak dua pekan terakhir. 

Para prajurit menyerang pos penjagaan serta goa-goa yang biasa digunakan militan Kurdi untuk berlindung dan menyimpan pasokan di provinsi Sirnak dan Hakkari. Kedua provinsi itu berbatasan dengan Turki. 

"Sembilan puluh sembilan teroris telah dilumpuhkan. Salah satu dari mereka adalah pemimpinnya," ujar pernyataan militer Turki, seperti dikutip Middle East Monitor, Minggu 10 September 2017. 

Partai Pekerja Kurdi (PKK), dianggap organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, telah memberontak terhadap Ankara selama lebih dari tiga dekade. 

PKK, yang berusaha mencapai kekuasaan otonomi di Turki tenggara, memiliki markas di beberapa titik area pegunungan di dekat perbatasan Turki. PKK juga kerap menjadi sasaran serangan pasukan Irak. 

Operasi terbaru militer Turki, yang dilancarkan antara 24 Agustus hingga 7 September, juga berujung pada penyitaan 420 kilogram amonium nitrat.

Bahan kimia itu biasa digunakan untuk membuat bom, pistol dan senapan.


(WIL)