Presiden Mesir: Kami akan Terus Lakukan Blokade ke Qatar

Sonya Michaella    •    Selasa, 25 Jul 2017 11:49 WIB
kisruh qatar
Presiden Mesir: Kami akan Terus Lakukan Blokade ke Qatar
Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi. (Foto: The New Arab)

Metrotvnews.com, Kairo: Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengatakan bahwa pemerintahnya akan terus melakukan blokade ke Qatar.

Sejak 5 Juni lalu, Mesir bersama Arab Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab memutus hubungan diplomatiknya dengan Qatar dengan alasan Qatar mendukung kegiatan terorisme dan terlalu dekat dengan Iran.

"Mesir akan mendukung keputusan apapun untuk memblokade Qatar dan tidak akan mundur dalam masalah ini," ucap el-Sisi dalam pernyataan persnya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 25 Juli 2017.

Pernyataan el-Sisi ini disinyalir akan menambah ketegangan dalam kisruh negara-negara tersebut. 

Sementara itu, Perdana Menteri Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani mengatakan, ia siap berdialog. Namun, negara-negara Teluk harus menghormati kedaulatan Qatar.

Mesir juga baru saja mengeluarkan sebuah daftar kelompok dan individu yang terkait dengan terorisme. Daftar ini dikeluarkan Mesir bersama Arab Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Dikatakan, mereka memiliki hubungan dengan Yaman, Qatar dan Libya.

secara tidak langsung, 9 kelompok dan 9 individu ini juga terkait dengan Qatar yang dituduh mendukung terorisme sehingga hubungan diplomatiknya diputus sepihak oleh Arab Saudi.

"Tiga organisasi di Yaman dan enam organisasi yang berbasis di Libya memiliki hubungan dengan Al Qaeda dan kelompok yang berafiliasi di Suriah," sebut pernyataan itu.





(WIL)