RI Beri Beasiswa untuk 12 Pemuda Afrika Barat

Sonya Michaella    •    Senin, 07 Aug 2017 08:10 WIB
indonesia-senegal
RI Beri Beasiswa untuk 12 Pemuda Afrika Barat
Duta Besar RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran bersama dengan 12 penerima beasiswa. (Foto: Dok. KBRI Dakar)

Metrotvnews.com, Dakar: Sebanyak 12 pemuda asal Afrika Barat segera berangkat ke Indonesia dalam rangka program Beasiswa Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang didapatnya dari Pemerintah Indonesia.

Para pemuda tersebut berasal dari Senegal, Gambia, Mali, Pantai Gading dan Sierra Leone, yang seluruhnya merupakan negara yang terakreditasi untuk KBRI Dakar.

"Mereka yang sudah lolos seleksi tersebut nantinya akan mengikuti kegiatan pembelajaran di berbagai universitas pilihan di Indonesia, baik swasta maupun negeri. Mereka akan menjalani studi selama satu sampai dua tahun di Indonesia dalam berbagai jurusan, antara lain Bahasa Indonesia, kebijakan publik, teknik industri, sistem informasi dan manajemen," kata Duta Besar RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran.

Para pelajar tersebut lolos melalui seleksi ketat yang diorganisir oleh Kemdikbud dan KemristekDikti. Total aplikasi beasiswa yang diterima oleh KBRI Dakar pada tahun ini cukup banyak, yaitu 60 untuk Darmasiswa dan 74 untuk KNB, sementara dengan kuota yang sangat terbatas mereka harus berkompetisi dengan para pelajar dari seluruh dunia.



Dubes Mansyur menyampaikan pesan-pesan khusus kepada para calon mahasiswa agar mempersiapkan semua hal yang diperlukan dan setibanya di Indonesia nanti agar dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat mereka belajar, termasuk juga dengan makanan, sosial budaya dan adat istiadat setempat.

Dubes Mansyur mengingatkan kepada para peserta untuk selalu menaati aturan hukum setempat dan menjauhi dari tindakan-tindakan kriminalitas.

"Tujuan dari program kerjasama pendidikan ini adalah untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia bagi masing-masing negara. Diharapkan setelah selesai menuntut ilmu, para peserta dapat mengaplikasikan dan mengabdikan ilmu yang diperoleh untuk kemajuan dan masyarakat di negaranya," ucap dia, seperti keterangan tertulis dari KBRI Dakar kepada Metrotvnews.com, Senin 7 Agustus 2017.

Mamadou Pouye, salah satu peserta beasiswa Darmasiswa dari Senegal, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dubes RI atas pengarahan yang telah diberikan sehingga dirinya menjadi lebih siap dalam menghadapi proses pembelajaran di Indonesia.

Pouye yang akan belajar Bahasa Indonesia di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama Ia ke luar negeri sehingga Ia sangat antusias untuk mempelajari Bahasa dan mengenal lebih dekat budaya dan keramahan masyarakat Indonesia.

Selain itu, para pelajar dari Afrika Barat lainnya tersebut akan menempuh studi di universitas-universitas pilihan seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, President University, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Komputer Indonesia, dan Politeknik Negeri Bali.


(WIL)