Bioskop di Arab Saudi Akhirnya Dibuka untuk Umum

Willy Haryono    •    Sabtu, 21 Apr 2018 17:35 WIB
arab saudi
Bioskop di Arab Saudi Akhirnya Dibuka untuk Umum
Warga Arab Saudi menghadiri screening film Black Panther di sebuah bioskop di Riyadh, 18 April 2018. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)

Riyadh: Arab Saudi akhirnya resmi membuka bioskop untuk umum setelah sempat dibekukan selama 35 tahun, Jumat 20 April 2018. Pembukaan dilakukan dua hari usai perusahaan AMC asal Amerika Serikat mengumumkan bioskop perdana di Riyadh.

Usai membeli tiket film "Black Panther," yang diklaim AMC terjual habis, pria dan wanita memasuki bioskop dengan membawa popcorn dan minuman bersoda. 

Banyak keluarga datang dan berfoto bersama di depan poster film. Mereka larut dalam pengalaman menyenangkan yang mungkin biasa di negara-negara lain, tapi tidak di kerajaan ultra-konservatif Arab Saudi. 

Larangan membuka bioskop akhirnya dicabut Arab Saudi tahun lalu sebagai bagian dari upaya memodernisasi kerajaan.

AMC Entertainment menjadi perusahaan pertama yang mendapat lisensi untuk mengoperasikan bioskop di Arab Saudi. 

Kepala Eksekutif AMC Adam Aron pada Rabu kemarin mengatakan bahwa bioskop di Distrik Finansial Raja Abdullah akan dioperasikan dengan satu layar dan sekitar 250 kursi penonton.

Dalam beberapa bulan ke depan, AMC berencana membuka tiga bioskop lagi di Arab Saudi.

Meski terbuka untuk umum, aktivitas di bioskop perdana AMC di Arab Saudi ini sangat dibatasi.

Seorang reporter AFP diundang dalam penayangan "Black Panther" pada Jumat, namun AMC dan otoritas Arab Saudi melarangnya berbicara kepada penonton atau menghadiri screening.



(WIL)