Ledakan di SPBU Nigeria Tewaskan Puluhan Orang

Willy Haryono    •    Selasa, 11 Sep 2018 11:00 WIB
nigeria
Ledakan di SPBU Nigeria Tewaskan Puluhan Orang
Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)

Nasarawa: Puluhan orang tewas dalam ledakan dan kebakaran di sebuah stasiun pengisian bahan bakar di negara bagian Nasarawa, Nigeria, Senin 10 September 2018.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, belum ada konfirmasi mengenai jumlah pasti korban tewas dan luka. Ledakan terjadi di Lafia, ibu kota dari Nasarawa.

Siaran di televisi memperlihatkan petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api di sejumlah kendaraan dekat lokasi. Media lokal menyebut ledakan berasal dari sebuah truk bermuatan gas di SPBU tersebut.

Danjuma Bisalla, Wakil Kepala Departemen Pencegahan Kebakaran di Narsawa, mengatakan sejumlah pedagang sempat mengingatkan adanya kebocoran di SPBU.

Namun mereka semua tidak berhasil menghentikan percikan api yang memicu ledakan.

Seorang warga mengatakan kepada saluran Channels TV bahwa sebagian besar korban luka adalah orang-orang yang menolak saat diminta pergi dari lokasi.

Presiden Muhammadu Buhari telah menyampaikan ucapan duka atas tragedi di Lafia. "Presiden mengekspresikan kekhawatiran mendalam atas tingginya jumlah korban," ucap juru bicara pemerintah Nigeria, Garba Shedu.

Dalam sebuah insiden serupa di Nigeria pada 2015, sedikitnya sembilan orang tewas dalam ledakan di kota Nnewi. Ledakan terjadi saat para korban mengisi gas untuk memasak di malam Natal.


(WIL)