'Menteri Informasi' ISIS Tewas dalam Serangan Udara di Suriah

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 17 Sep 2016 10:48 WIB
isis
'Menteri Informasi' ISIS Tewas dalam Serangan Udara di Suriah
Pasukan ISIS masih terus kuasai Suriah (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Raqqah: Seorang tokoh senior Islamic State (ISIS) dikabarkan tewas dalam serangan udara di Suriah. Petinggi yang tewas, diketahui sebagai 'menteri informasi' ISIS.
 
"Pada 7 September pasukan koalisi melakukan serangan di dekat Raqqah. Serangan menargetkan kepada  'Dr. Wa'il', yang juga dikenal sebagai Wa'il Adil Hasan Salman al-Fayad," ujar Juru Bicara Pentagon Peter Cook, seperti dikutip Xinhua, Sabtu (17/9/2016).
 
"Sosoknya dikenal sebagai menteri informasi dari ISIS dan anggota senior dalam Dewan Syura ISIS," lanjut Cook.
 
Wa'il dilaporkan tewas setelah pesawat pengebom tak berawak atau drone yang melepaskan serangan ke rumahnya di Raqqah. Kota Raqqah, dikenal sebagai ibu kota de facto dari ISIS.
 
Konformasi kematian dari Dr. Wail merupakan pukulan telak kedua bagi ISIS. Sebelumnya dua pekan lalu Juru Bicara ISIS Abu Mohamed al-Adnani tewas dalam sebuah serangan udara di Aleppo.
 
Adnani dikenal sebagai tokoh utama propaganda dari ISIS. Dia tewas dalam serangan udara yang diarahkan ke mobil yang dikendarainnya. 
 
"Wa'il adalah rekan dekat dari Adnani," ucap Cook.
 
Adnani juga dianggap memegang peran besar di ISIS saat serangan besar sepanjang 2015, termasuk serangan di Paris, Prancis, Brussel dan juga Bandara Internasional Istanbul. Selain itu, dia juga berperan penting dalam serangan sebuah kafe di Bangladesh dan juga jatuhnya pesawat milik maskapai Rusia di Sinai serta pengeboman bunuh diri di Ankara, Turki.
 
Rangkaian serangan ini sudah menewaskan lebih dari 1.800 orang dan melukai 4.000 jiwa lainnya. Adnani juga dianggap sebagai anggota Al Qaeda di Irak dan menjadi anggota dewan syura ISIS.



(FJR)

Visi Misi Hillary-Trump Saling Bertentangan

Visi Misi Hillary-Trump Saling Bertentangan

6 minutes Ago

Debat kandidat calon Presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump di Hempstead, New York, berlangsung…

BERITA LAINNYA