Gempa 6,9 SR Guncang Papua Nugini

Willy Haryono    •    Senin, 17 Oct 2016 14:28 WIB
gempa bumi
Gempa 6,9 SR Guncang Papua Nugini
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. AFP PHOTO / USGS

Metrotvnews.com, Port Moresby: Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang Papua Nugini, Senin (17/10/2016). Tidak ada ancaman gelombang tsunami karena lokasi gempa terlampau terpencil. 

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa diestimasi berlokasi sekitar 418 kilometer dari Port Moresby dengan kedalaman 35 km. 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengonfirmasi tidak adanya ancaman tsunami yang merusak. "Berdasarkan data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami dari gempa kali ini," ujarnya.

Sejumlah seismologi Australia mengeluarkan data kekuatan gempa yang sedikit berbeda, yakni 6,8 SR. Kerusakan diperkirakan minim atau tidak akan ada karena hanya ada sekitar warga di lokasi gempa. 

"Beruntung, gempa berlokasi di area yang sangat, sangat terpencil di New Britain," tutur seismolog Dan Jaksa dari Geosience Australia kepada AFP.

"Hampir dipastikan tidak ada kerusakan jika menimbang dari letak gempa," sambung dia. 

New Britain, pulau terbesar dari Kepulayan Bismarck, terletak di timur pulau utama Papua Nugini dan memiliki populasi sekitar 500 ribu orang. 

Area tersebut terletak di lempeng Pasifik-Australia. Area tersebut merupakan bagian dari Ring of Fire, sebuah wilayah rawan aktivitas seismik karena adanya friksi antar lempeng tektonik.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA