Dewan PBB Sebut Myanmar Rencanakan Serangan Rohingya

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 19 Dec 2017 06:28 WIB
rohingya
Dewan PBB Sebut Myanmar Rencanakan Serangan Rohingya
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berinteraksi langsung dengan pengungsi Rohingya di Bangladesh. Foto: Dok/Kemenlu RI.

Jenewa: Dewan HAM PBB mengatakan bahwa Myanmar dengan jelas merencanakan serangan kekerasan terhadap minoritas Rohingya. Myanmar diduga melakukan tindakan kekerasan dan memaksa minoritas Rohingya meninggalkan tempat tinggalnya.

"Bagi kami, sudah jelas bahwa operasi ini diatur dan direncanakan. Anda tidak bisa mengesampingkan kemungkinan tindakan genosida. Anda tidak bisa mengatasinya karena telah terjadi atau terjadi," Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Zeid Ra'ad Al Hussein dilansir dari AFP, Selasa 19 Desember 2017.

Doctors Without Borders mengatakan pada hari Kamis, setidaknya 6.700 Rohingya tewas dalam bulan pertama sebuah tindakan keras tentara Myanmar terhadap pemberontak di negara bagian Rakhine yang dimulai pada bulan Agustus.

Dan lebih dari 655.000 minoritas Muslim telah melarikan diri melintasi perbatasan ke distrik Cox's Bazar di tenggara Bangladesh sejak kampanye militer dimulai.

Myanmar secara konsisten membantah melakukan kekejaman di Rakhine, mengatakan bahwa tindakan keras tersebut merupakan tanggapan yang proporsional terhadap militan Rohingya yang menyerang pos polisi pada 25 Agustus, menewaskan sekitar belasan pejabat.

Namun Zeid mengatakan bahwa bukti tersebut tampaknya tidak mendukung hal itu, yang menunjukkan adanya peningkatan kekerasan tahun lalu yang telah mendorong sekitar 300.000 orang Rohingya untuk melarikan diri ke Bangladesh.

Kantornya, yang belum diberi banyak permintaan untuk mengakses Rakhine utara, menerbitkan sebuah laporan pada Februari lalu setelah berbicara dengan para pengungsi di Cox's Bazar yang berbicara tentang kejahatan mengerikan.

"Mengerikan, perburuan anak-anak dan pemotongan leher mereka. Kecurigaan saya adalah operasi yang pertama (lebih kecil) adalah operasi kering untuk yang kedua," katanya.


(DEN)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

7 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA