Warna-warni Tari Nusantara di Festival Budaya Qatar

Sonya Michaella    •    Senin, 30 Oct 2017 08:24 WIB
indonesia-qatar
Warna-warni Tari Nusantara di Festival Budaya Qatar
Tarian Nusantara ada di Festival Budaya Qatar. (Foto: Dok. KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Pagelaran seni yang meliputi pentas seni budaya Nusantara menyedot perhatian publik di ajang Cultural diversity festival at Katara Amphitheater di Doha, Qatar. 

Acara tersebut merupakan kerja sama antara Cultural Village Foundation-Katara dan The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). 27 negara yang berparisipasi pada festival yang berlangsung sejak 4 Oktober sampai dengan 11 November 2017. Sedangkan giliran Indonesia bersama Slovakia tampil pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2017.

"Festival ini merupakan bagian dari multi-track diplomacy untuk meningkatkan hubungan RI-Qatar khususnya sejak kunjungan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke Indonesia pada tanggal 17-18 Oktober 2017 lalu," kata Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi.

Seperti keterangan tertulis dari KBRI Doha yang diterima Metrotvnews.com, Senin 30 Oktober 2017, berbagai Tarian Nusantara lainnya terus mengalir antara lain Tor-tor dari Sumatra Utara, Piring dari Sumatara Barat, Lancang Kuning dari Riau, Singge Pemunten dari  Lampung, Pendet Bali,  Angin Memiri dari Sulawesi, Sajojo dari Papua dan tutup dengan Gebyar-Gebyar yang diikuti tepuk tangan penonton.

Penari Indonesia tampil dengan beragam baju tradisional dengan warna yang mencolok dan berwarna-warni menambah kemeriahan festival.

Sangar tari Disapora Indonesia di Qatar, Puspa Kinarya (PQ) yang kerap memenangi  berbagai festival seni dan budaya internasional di Qatar juga turut meramaikan festival.  

Festival ini adalah kesempatan besar mempromosikan keragaman budaya masing masing negara yang merupakan bagian dari program UNESCO untuk melindungi warisan budaya dunia.

Meski untuk pertama kalinya tampil pada festival ini namun pagelaran tarian Indonesia sangat dinanti. 


(WIL)