Hari ke-5 Demonstrasi di Iran, Seorang Polisi Tewas Ditembak

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 02 Jan 2018 04:53 WIB
politik iraniran
Hari ke-5 Demonstrasi di Iran, Seorang Polisi Tewas Ditembak
Protes warga Iran yang mengkritik kenaikan harga barang dan isu korupsi (Foto: SBS).

Najafabad: Seorang polisi tewas ditembak di Iran. Televisi pemerintah melaporkan penembakan terjadi di hari kelima demonstrasi di wilayah tersebut.

"Seorang pembuat onar mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Petugas penegak hukum ditembak dengan senjata api hingga tewas, sementara tiga lainnya terluka," demikian dikutip dari situs televisi pemerintah, dilansir dari laman AFP, Selasa 2 Januari 2018.

Sebelumnya, demonstrasi yang terjadi di wilayah Iran selama lima hari ini telah menewaskan 12 orang. Aksi protes ini menjadi gelombang kekerasan terburuk sepanjang sejarah demonstrasi massal di Iran.

Presiden Iran, Hassan Rouhani mencoba menenangkan situasi dengan mengatakan gelombang unjuk rasa ini bukan sesuatu yang luar biasa.

"Kritik dan protes adalah sebuah kesempatan, bukan ancaman. Elemen warga akan merespons dengan sendirinya terhadap para pengacau dan pelanggar aturan," ujar Rouhani dalam pernyataan resmi kantor kepresidenan Iran.

"Negara akan menangani minoritas ini yang menyerukan slogan menentang hukum dan keinginan warga, serta menghina nilai-nilai dari revolusi," lanjut dia. 

Otoritas Iran belum memberikan informasi lanjutan mengenai siapa-siapa saja yang telah membunuh 12 orang sejauh ini.

Awalnya aksi protes hanya menentang dugaan korupsi di pemerintahan dan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Namun kecaman meningkat tajam menjadi penentangan secara menyeluruh terhadap rezim.


(AGA)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA