Dua Misil Israel Gempur Target dekat Bandara Damaskus

Willy Haryono    •    Selasa, 26 Jun 2018 16:16 WIB
krisis suriahisraelkonflik suriah
Dua Misil Israel Gempur Target dekat Bandara Damaskus
Foto dari kota Douma memperlihatkan kobaran api di dekat Bandara Internasional Damaskus, Suriah, 27 April 2017. (Foto: AFP/SAMEER AL-DOUMY)

Damaskus: Dua misil asal Israel mengenai beberapa target di dekat bandara Damaskus di Suriah, Selasa 26 Juni 2018. Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) menyebut kedua misil itu mengenai gudang senjata milik grup Hizbullah.

Dalam laporan terbaru kantor berita SANA, disebutkan bahwa "dua misil Israel mendarat dekat bandara internasional Damaskus."

Sementara kepala SOHR Rami Abdel Rahman mengatakan kepada AFP bahwa "misil Israel mengenai gudang senjata Hizbullah dekat bandara."

Ia menyebut serangan udara itu terjadi pada pukul 01.00 waktu setempat. "Serangan tidak menimbulkan ledakan yang besar," tutur Rami.

SOHR menambahkan sistem pertahanan udara Suriah "gagal mencegat kedua misil tersebut."

Saat dihubungi AFP, juru bicara milier Israel berkata, "kami tidak mau mengomentari laporan asing."

Israel telah mengingatkan mengenai meningkatnya kehadiran militer Iran di Suriah, yang dianggapnya sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Militer Israel selama ini melancarkan serangan udara terhadap target Iran dan afiliasinya di Suriah.

Israel merebut area dalam jumlah besar di Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari di tahun 1967, dan kemudian menganeksasinya. Langkah aneksasi tersebut tidak pernah diakui komunitas global.


(WIL)