11 Ribu Turis Rusia Dipulangkan dari Mesir

Willy Haryono    •    Senin, 09 Nov 2015 11:49 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
11 Ribu Turis Rusia Dipulangkan dari Mesir
Turis Rusia menanti dipulangkan ke negaranya di Sharm el-Sheikh, Mesir, 6 November 2015. (Foto: AFP/MOHAMED EL-SHAHED)

Metrotvnews.com, Moskow: Sekitar 11 ribu turis Rusia dipulangkan dari Mesir, setelah semua penerbangan sempat dibekukan atas tragedi jatuhnya pesawat maskapai Kogalymavia di Sinai. 

"Dalam 24 jam terakhir, 11 ribu orang telah diterbangkan," ujar Wakil Perdana Menteri Rusia Arkady Dvorkovich kepada awak media di Moskow, seperti dikutip AFP, Minggu (8/11/2015). 

"Hari ini adalah hari tersibuk," sambung dia, yang juga mengirim sekelompok tim ahli untuk memeriksa kondisi bandara di Mesir. 

Meski membantah tudingan adanya ledakan bom sebagai penyebab jatuhnya pesawat di Sinai, Moskow menghentikan semua penerbangan ke Mesir pada Jumat. Satu hari setelahnya, Rusia memperkirakan ada sekitar 80 ribu turis Rusia yang masih terjebak di Mesir, sebagian besar ada di Sharm el-Sheikh dan Hurghada. 

Rusia menyebut belasan ribu turis dipulangkan tanpa barang bawaan masing-masing. Semua barang akan dipulangkan dalam penerbangan berbeda. 

Pesawat Rusia Il-76 sudah meninggalkan Hurghada dengan membawa barang bawaan turis, yang bobotnya mencapai 30 ton. 

Moskow bersikukuh pembekuan penerbangan ke Mesir bukan berarti mendukung teori jatuhnya pesawat akibat bom. Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat.

Pesawat maskapai Kogalymavia dengan nomor penerbangan 7K9268 jatuh di Sinai, 23 menit setelah lepas landas dari bandara Sharm el-Sheikh menuju Saint Petersburg, Rusia, pada 31 Oktober. Seluruh penumpang dan kru dengan total 224 orang meninggal dunia.


(WIL)