Laporan Final: Lokasi MH370 Masih Menjadi Misteri tak Terbayangkan

Arpan Rahman    •    Selasa, 03 Oct 2017 20:48 WIB
misteri mh370
Laporan Final: Lokasi MH370 Masih Menjadi Misteri tak Terbayangkan
Tim penyelidikan Australia menyebut hilangnya pesawat tersebut sebagai tragedi besar. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Canberra: Tim penyelidik Australia telah menyampaikan laporan akhir mereka tentang hilangnya pesawat maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370. 

Disebutkan bahwa ketidakmampuan tim dalam menutup penyelidikan ini untuk keluarga korban merupakan "tragedi besar" dan "hampir tak terbayangkan" bisa terjadi di era modern.

Tiga setengah tahun telah berlalu sejak MH370 dan 239 penumpang beserta krunya hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, Tiongkok.

Kendati pencarian bawah laut terbesar dan termahal dalam sejarah telah dilakukan, lokasi pesawat masih menjadi misteri hingga detik ini.

Pada Selasa 3 Oktober 2017, badan yang mengkoordinasikan pencarian bawah laut, Australian Transport Safety Bureau (ATSB), merilis laporan akhir tentang hilangnya MH370.

Laporan tersebut memaparkan secara rinci setiap detail pencarian. Namun hampir tidak ada petunjuk baru mengenai lokasi pesawat.

"Ini tetap menjadi tragedi besar, dan kami berharap dapat memberi penjelasan yang lengkap kepada keluarga korban," komisaris utama ATSB, Greg Hood, mengatakan. 

"Saya harap, para keluarga korban dapat merasa sedikit tenang karena pada kenyataannya, kami telah melakukan segala yang bisa kami lakukan untuk menemukan jawaban dari misteri ini," bubuhnya seperti dikutip Guardian, Selasa 3 Oktober 2017.

Operasi pencarian MH370 dihentikan pada Januari lalu setelah berlangsung selama 1.046 hari.

Pencarian kemungkinan besar baru akan dibuka kembali jika ada bukti baru yang kredibel.




(WIL)