Uni Eropa Menentang Rencana Israel Berlakukan Hukuman Mati

Sonya Michaella    •    Jumat, 05 Jan 2018 08:47 WIB
israel palestinapalestina israel
Uni Eropa Menentang Rencana Israel Berlakukan Hukuman Mati
PM Israel Benjamin Netanyahu saat berkunjung ke Markas Uni Eropa di Brussel, Belgia. (Foto: AFP)

Brussels: Uni Eropa menentang Rancangan Undang-Undang hukuman mati Israel. Hanya menunggu tiga kali persetujuan Parlemen, Israel akan mempunyai UU hukuman mati yang hanya diperuntukkan bagi tahanan Palestina.

"Uni Eropa menentang pemberlakuan hukuman mati dalam segala situasi dan kasus tanpa pengecualian," kata juru bicara Komisi Eropa, Carlos Martin Ruiz de Gordejuela, dikutip dari Anadolu, Jumat 5 Januari 2017.

Gordejuela menegaskan, Uni Eropa akan bekerja secara aktif untuk menekan Israel agar RUU hukuman mati untuk warga Palestina ini dibatalkan.

Parlemen Israel baru saja menyetujui RUU yang mengizinkan adanya hukuman mati bagi para tahanan Palestina dengan dakwaan menyerang dan melakukan aksi teror.

RUU tersebut diajukan oleh pemimpin sayap kanan Israel sekaligus Menteri Pendidikan Israel, Naftali Bennet di mana duduk di dalam satu partai dengan PM Israel, Benjamin Netanyahu.

Sebelum pemungutan suara, Netanyahu mengatakan kepada parlemen bahwa ia mendukung RUU tersebut, dan mengatakan hukuman mati "adil dalam situasi yang ekstrem".

Berdasarkan RUU tersebut, pengadilan sipil dan militer dapat menjatuhkan hukuman mati kepada seseorang yang dinyatakan bersalah melakukan 'aksi teror' atau serangan.

Hukum militer Israel sudah mengizinkan hukuman mati bagi warga Palestina yang melakukan serangan tapi hanya di pengadilan militer dan jika seluruh hakim di panel mencapai keputusan tersebut dengan suara bulat.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

18 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA