Banjir Besar Landa Australia, Ribuan Warga Mengungsi

Arpan Rahman    •    Minggu, 03 Feb 2019 15:32 WIB
australia
Banjir Besar Landa Australia, Ribuan Warga Mengungsi
Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)

Sydney: Banjir besar yang disebut-sebut hanya akan terjadi "sekali dalam satu abad" membanjiri jalanan Australia dan membuat ribuan orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Otoritas Australia mengingatkan hujan deras masih akan melanda wilayah timur laut dalam beberapa hari ke depan.

Ribuan warga di kota Townsville, Queensland, kehilangan aliran listrik di rumah mereka masing-masing akibat banjir ini. Otoritas setempat juga mengingatkan sekitar 20 ribu rumah terancam terendam banjir jika hujan deras terus terjadi.

Personel militer Australia mengirimkan puluhan ribu karung pasir ke area terdampak banjir. Menteri Utama Queensland Annastacia Palaszcuk mengingatkan warga untuk tetap waspada di tengah hujan deras.

"Ini bukan kejadian yang terjadi setiap 20 tahun sekali, tapi satu di setiap 100 tahun," ucap Palaszcuk kepada awak media, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu 3 Februari 2019.

Biro Meteorologi Australia menyebut angin monsun berada di langit Queensland, dengan beberapa area akan diguyur hujan yang sangat deras.

"Intensitas hujan akan meningkat hingga awal pekan mendatang," kata meteorolog Jonathan How kepada media ABC Sunday.

Karena curah hujan akan terus meningkat dalam 72 jam ke depan, beberapa wilayah di Queensland diprediksi akan memecahkan rekor dalam hal intensitas.

Kondisi hujan ekstrem saat ini diyakini akan mulai berkurang pada Kamis mendatang.



(WIL)