Tujuh Prajurit Niger Dibunuh Boko Haram

Willy Haryono    •    Rabu, 14 Sep 2016 15:22 WIB
boko haram
Tujuh Prajurit Niger Dibunuh Boko Haram
Prajurit Niger berpatroli antara area Diffa dan Bosso, 25 Mei 2015. (Foto: AFP/ISSOUF SANOGO)

Metrotvnews.com, Diffa: Tujuh prajurit Niger tewas dan delapan lainnya terluka dalam dua serangan terpisah oleh grup ekstremis Boko Haram. 

Berdasarkan pernyataan militer Niger pada Selasa (13/9/2016) malam waktu setempat, kedua serangan terjadi di wilayah Diffa yang berbatasan dengan Nigeria. 

Seperti dikutip AFP, lima dari mereka tewas dalam sebuah penyergapan oleh "anggota teroris Boko Haram" pada Senin pagi, yang juga berujung pada terlukanya enam orang. 

Dalam insiden sebelumnya pada 8 September, dua tentara Niger tewas dan dua lainnya terluka saat mobil patroli mereka terkena "bahan peledak" tipe IED. 

Awal bulan ini, lima warga tewas dan dua lainnya terluka di area sama dalam sebuah serangan Boko Haram. Itu adalah insiden pertama yang melibatkan Boko Haram di Niger sejak awal Juni. 

Pemberontakan Boko Haram yang berlangsung selama tujuh tahun telah menewaskan sedikitnya 20 ribu orang di Nigeria dan beberapa area perbatasan di negara tetangga seperti Niger, Chad dan Kamerun. 

Aksi brutal Boko Haram juga telah membuat lebih dari 2,6 juta warga sipil kehilangan tempat tinggal. 

Boko Haram telah mendeklarasikan kesetiaannya kepada kelompok militan Islamic State (ISIS) yang bermarkas di Irak dan Suriah. 


(WIL)