Anak-Anak jadi Korban Perang, ICC Keluarkan Kebijakan Baru

Sonya Michaella    •    Kamis, 17 Nov 2016 10:43 WIB
konflik suriah
Anak-Anak jadi Korban Perang, ICC Keluarkan Kebijakan Baru
Anak-anak Suriah yang menjadi korban perang (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Den Haag: Anak-anak tidak memulai perang, namun mereka menjadi korban perang. Jutaan anak-anak terperangkap dalam konflik perang di seluruh dunia.

Terkait hal ini, Mahkamah Pidana Internasional atau International Criminal Court (ICC) mengumumkan bahwa mereka meluncurkan kebijakan baru di mana lebih berfokus kepada penuntutan kejahatan terhadap anak-anak.

"Tujuannya adalah agar lebih kokoh mengatasi momok kejahatan terhadap anak-anak, apalagi yang menjadi korban perang," kata kepala Jaksa ICC, Fatou Bensouda, seperti dikutip AFP, Kamis (17/11/2016).

ICC juga ingin lebih menyoroti dengan tegas keadaan 230 juta anak di seluruh dunia saat ini yang menderita atau mengalami kejahatan perang karena konflik.

"Ini hal yang tak bisa dimaafkan. Seperti di Suriah dan Irak, anak-anak diserang dan dibunuh, ini adalah pelanggaran berat," tegasnya lagi.

Menurut ICC, anak-anak adalah salah satu korban utama perang. Berdasarkan penelitian dan laporan, setiap lima menit, seorang anak dibunuh.

"Kami juga mendesak Dewan Keamanan PBB merujuk situasi ke Suriah dan Irak untuk masuk ke pengadilan tanpa penundaan lebih lanjut," tuturnya.

Penuntutan segera kejahatan perang terhadap anak di Suriah dan Irak sangat diperlukan. Akibat perang dan konflik, kehidupan dan masa depan anak-anak dipertaruhkan.

Pada 20 Agustus lalu pun, sejumlah anak-anak menjadi korban atas perang di Suriah yang kembali berkobar. Saat itu terjadi pertempuran sengit antara pemberontak Suriah dan pasukan Iran yang didukung pasukan Pemerintah Rusia. 

Diperkirakan lebih dari 10 ribu anak tewas dalam perang di Suriah selama beberapa tahun belakangan. Hingga kini, banyak anak-anak Suriah yang menjadi korban perang.

 


(FJR)

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

9 hours Ago

Polisi telah melakukan total 15 pencarian terkait aksi teror di berbagai alamat di sekitar London.

BERITA LAINNYA