Longsor di TPA Ethiopia, 113 Orang Tewas

Arpan Rahman    •    Kamis, 16 Mar 2017 16:59 WIB
pemilu afrika
Longsor di TPA Ethiopia, 113 Orang Tewas
TPA di Addis Ababa yang longsor. (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Addis Ababa: Korban tewas meningkat jadi 113 orang setelah longsor melanda sebuah TPA (tempat pembuangan akhir sampah) di dekat ibu kota Ethiopia yang mengubur pemukiman kumuh di sana.

Menteri Komunikasi Ethiopia, Negeri Lencho, mengatakan para pekerja masih menggali timbunan besar sampah yang telah membusuk berhari-hari sesudah longsor. Upaya penggalian demi menemukan lebih banyak korban. Dia katakan, pencarian akan terus berlanjut sampai malam nanti dan setidaknya untuk satu hari lagi.

"Tumpukan yang runtuh, amat dalam, jadi butuh waktu," katanya kepada CNN, Kamis 16 Maret 2017.

Bencana longsor terjadi, Minggu 12 Maret. Ratusan warga miskin Ethiopia telah membangun gubuk di puncak bukit sampah, yang tiba-tiba runtuh. Pada Rabu 15 Maret, para pejabat setempat belum menjelaskan penyebab musibah ini.

TPA, yang disebut 'Koshe' -- sepatah kata Ethiopia yang berarti 'sampah' -- didirikan lebih dari 50 tahun dan melayani sampah dari ibu kota Addis Ababa dan daerah sekitarnya, juga hunian bagi lima juta jiwa.

Pemerintah telah berupaya memukimkan kembali orang-orang yang hidup di atasnya selama beberapa waktu. Warga miskin memulung sampah berupa barang bekas yang dapat mereka jual.

Sebanyak 350 penduduk tetap di TPA sudah dipindahkan sejak kejadian itu, para pejabat mengatakan kepada BBC. Pemerintah mengumumkan tiga hari berkabung resmi setelah insiden tersebut.


(FJR)