Menlu Jepang Letakkan Karangan Bunga di Memorial Holocaust

Willy Haryono    •    Selasa, 26 Dec 2017 17:05 WIB
politik jepang
Menlu Jepang Letakkan Karangan Bunga di Memorial Holocaust
Menlu Jepang Taro Kono (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Israel Reuvin Rivlin di Yerusalem, 25 Desember 2017. (Foto: AFP/HEIDI LEVINE)

Yerusalem: Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono meletakkan karangan bunga di memorial holocaust Yad Vashem di Yerusalem, Senin 25 Desember 2017. 

Kono menuliskan di buku tamu bahwa dirinya berdoa "dari lubuk hati terdalam agar tragedi semacam itu tidak terulang lagi di masa mendatang."

Holocaust merupakan istilah yang digunakan untuk aksi pembantaian warga Yahudi oleh Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Sekitar enam juta warga Yahudi di berbagai negara Eropa tewas pada periode 1941-1945. 

Dalam konferensi pers bersama Presiden Reuvin Rivlin, Taro mengatakan Jepang menganggap "Israel sebagai negara penuh bakat, yang bukan hanya di bidang teknologi, tapi juga kemanusiaan, seni dan sains."

"Saya berharap kita dapat meningkatkan kerja sama pertukaran orang antar dua negara," lanjut dia, seperti dilansir AFP.

Rivlin mengatakan kepada Kono bahwa dirinya "sangat khawatir" mengenai Korea Utara, dan "krisis di salah satu belahan dunia dapat berimbas pada kawasan lain."

Juru bicara Rivlin menyebut Kono menyuarakan harapan bahwa Israel dan Jepang dapat membentuk jaringan penerbangan secara langsung "dalam waktu dekat."

Masih di hari yang sama, Kono bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas 

Israel menjadi sorotan setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota pengganti Tel Aviv. AS juga mengumumkan rencana pemindahan kedutaan besar ke Yerusalem.

Langkah Trump ini memicu unjuk rasa di sekitar Yerusalem dan negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia.


(WIL)