Beasiswa Chevening Jadi Jembatan Kerja Sama Inggris dengan Indonesia

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 08 Feb 2018 06:41 WIB
kerja sama
Beasiswa Chevening Jadi Jembatan Kerja Sama Inggris dengan Indonesia
Duta Besar Inggris di Indonesia, Moazzam Malik, saat menghadiri penerimaan 70 mahasiswa pascasarjana penerima beasiswa chevening dari Indonesia, di Hotel Le Meridien, Jakarat. Rabu 7 Febuari 2018. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo.

Jakarta: Beasiswa Chevening dinilai menjadi tolak ukur kerja sama bilateral antara Inggris dengan Indonesia dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) di kancah internasional.

Duta Besar Inggris di Indonesia, Moazzam Malik, mengatakan Indonesia punya peran penting dalam kesejahteraan perekonomian dunia.

"Harapan saya mahasiswa yang kuliah di Inggris menjadi jembatan Inggris dan Indonesia dalam kerja sama internasional. Beasiswa tersebut menjadi investasi pemerintah Inggris dalam masa depan Indonesia," ujar Moazzam Malik saat menghadiri penerimaan 70 mahasiswa pascasarjana penerima beasiswa chevening dari Indonesia, di Hotel Le Meridien, Jakarat. Rabu 7 Febuari 2018. 

Indonesia menjadi negara terbesar ke-4 di dunia yang berkesempatan menerima beasiswa Chevening, setelah India, Tiongkok dan Brazil. Hal tersebut membuktikan potensi SDM Indonesia cukup diperhitungkan.

Sementara itu, pada tahun 2015 sampai 2017 terdapat 70 Mahasiswa Indonesia Pascasarjana yang menerima beasiswa tersebut dan 1 mahasiswa Timor Leste.

Saat ini terdapat 46.000 alumni di seluruh dunia dan Indonesia memiliki lebih dari 1.400 alumni Chevening sejak tahun 1986.

Salah satu Alumni Beasiswa Chevening ialah jurnalis senior, Marissa Anita yang berkesempatan mengambil jurusan Digital Media and Society di Loughborough University.

"Sangat membantu sekali ketika berkesempatan belajar di luar negeri, mereka punya standar pendidikan yang berbeda. Saya dapat berdikusi dua arah, boleh mempertanyakan apa yang guru saya ajarkan, jadi ada diskusi yang sehat. Diskusi seperti itu perlu dibangun di Indonesia," Ujar Marissa.


(DEN)