Pemerintah Israel Ultimatum Usir Migran Afrika

Faisal Abdalla    •    Rabu, 03 Jan 2018 02:52 WIB
israel
Pemerintah Israel Ultimatum Usir Migran Afrika
Ilustrasi. AP/Oded Ballity.

Tel Aviv: Pemerintah Israel memerintahkan ribuan migran asal Afrika segera meninggalkan Israel. Pemerintah mengancam akan memenjarakan mereka jika tak mematuhi ultimatum tersebut.

Dilansir dari BBC.com, Pemerintah Israel akan memberikan kompensasi sebesar USD3.500 kepada migran yang secara sukarela meninggalkan wilayah Israel dalam 90 hari kedepan.

Pemerintah juga memberikan opsi kepada migran untuk dipulangkan ke negara asalnya, atau diberangkatkan menuju negara ketiga. Pemerintah mengancam akan mulai memenjarakan para migran jika sampai bulan April mendatang masih berada di wilayah Israel.

Meski begitu, pemerintah Israel menyebut ultimatum ini bersifat sukarela. Ultimatum juga tidak berlaku bagi anak-anak, lansia, maupun korban penjualan manusia.

Juru bicara otoritas Israel di bidang populasi dan imigrasi mengatakan saat ini ada 38.000 'penyusup' di Israel, sekitar 1.420 diantaranya ditahan aparat setempat.

Otoritas Israel menggunakan istilah 'penyusup' kepada pihak-pihak yang dituding memasuki wilayah Israel secara tidak resmi.


(DRI)