Hariri Akan Hadiri Perayaan Hari Kemerdekaan Lebanon

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 18 Nov 2017 17:05 WIB
konflik lebanon
Hariri Akan Hadiri Perayaan Hari Kemerdekaan Lebanon
Warga inginkan PM Saad Al-Hariri kembali ke Lebanon (Foto: AFP).

Beirut: Perdana Menteri Lebanon, Saad Hariri, akan kembali ke tanah airnya untuk menghadiri Hari Kemerdekaan negaranya.

(Baca: Perdana Menteri Lebanon Tiba di Prancis).

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan dirinya mendapat telepon dari sang presiden untuk memberitahukan hal ini.

"Dia akan kembali ke Lebanon untuk mengambil bagian dalam perayaan Hari Kemerdekaan," ujarnya, seperti dilansir dari laman AFP, Sabtu, 18 November 2017.

Secara mengejutkan, Hariri mengambil keputusan untuk mundur dari jabatannya dua pekan lalu. Aoun menuduh Pemerintah Arab Saudi sengaja menahan perdana menterinya.

"Kami berharap bahwa krisis sudah berakhir dan Hariri menerima undangan untuk pergi ke Prancis merupakan awal dari sebuah solusi," ujar Aoun dalam akun Twitter resmi presiden, Kamis lalu.

"Saya sedang menunggu kembalinya Perdana Menteri Hariri dari Paris agar kita bisa memutuskan langkah selanjutnya berkaitan dengan pemerintah," tambah Aoun.

Hariri belum kembali ke Lebanon sejak mengumumkan pengunduran dirinya. Namun, Aoun mengaku dia belum menerima penguduran diri sang PM dan menunggunya kembali ke Lebanon.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Hariri (47) menuduh saingan berat Arab Saudi, Iran dan sekutunya Hizbullah, membuat negara dan wilayahnya menjadi tidak stabil. Spekulasi beredar seputar nasib Hariri yang memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Arab Saudi dan Lebanon.

Saat ini, Hariri berada di Prancis untuk memenuhi undangan Presiden Emmanuel Macron. Dia bersama sang istri bertolak dari Arab Saudi, tempatnya bersembunyi setelah menyatakan pengunduran dirinya.


(FJR)