Partai ANC Bicarakan Nasib Presiden Zuma

Arpan Rahman    •    Selasa, 06 Feb 2018 13:53 WIB
afrika selatan
Partai ANC Bicarakan Nasib Presiden Zuma
Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. (Foto: AFP)

Johannesburg: Partai Kongres Nasional Afrika atau ANC di Afrika Selatan (Afsel) mengadakan pertemuan darurat, Senin 5 Februari 2018, untuk membahas apakah Presiden Jacob Zuma dapat tetap menjabat atau tidak. Pertemuan digelar setelah Zuma dilaporkan menolak untuk mengundurkan diri.

Zuma, yang kepresidenannya dilanda sejumlah skandal korupsi, dijadwalkan menyampaikan pidato tahunan kenegaraan pada Kamis mendatang. Pidato tetap dijadwalkan meski desakan mundur terus bermunculan.

Beberapa anggota ANC mendorong Cyril Ramaphosa, kepala baru partai, untuk segera menggantikan Zuma sebagai presiden.

Namun loyalis Zuma sudah mengatakan bahwa presiden harus menyelesaikan masa jabatan kedua dan terakhirnya. Kepresidenan Zuma akan berakhir saat pemilu diadakan tahun depan.

Baca: Zuma Dikabarkan Didesak Mundur sebagai Presiden Afsel

Komite Kerja Nasional ANC yang beranggotakan 26 orang bertemu di Luthuli House, kantor pusat partai di Johannesburg, pukul 14:00 waktu setempat.

"Ya, ini sedang terjadi, kami akan menghadapi situasi ini," kata seorang pejabat partai kepada AFP, menolak disebutkan namanya. Ia menjawab pertanyaan tentang pertemuan tersebut dan spekulasi media tentang kemungkinan terdepaknya Zuma.

Berbagai kasus melanda Zuma, termasuk lebih dari dugaan 783 pembayaran terkait kesepakatan senjata sebelum dia berkuasa pada 2009.

Cengkeramannya di ANC terguncang saat calon penggantinya, Nkosazana Dlamini-Zuma, kalah dari Ramaphosa dalam kontes pemilihan pemimpin partai pada Desember.


(WIL)


Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

3 hours Ago

Pompeo berterima kasih kepada Raja Salman karena mendukung penyelidikan transparan pencarian Jamal…

BERITA LAINNYA