Raja Salman Tak Terima Disamakan dengan Tuhan

Sonya Michaella    •    Selasa, 04 Jul 2017 14:18 WIB
arab saudiraja salman
Raja Salman Tak Terima Disamakan dengan Tuhan
Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Riyadh: Seorang penulis dari surat kabar Al-Jazirah menggambarkan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz sama dengan Tuhan.

Tak disangka, Raja Salman pun tak menyukai hal itu dan meminta penulis bernama Ramadan al-Anzi itu diskors dari pekerjaannya.

Ia menyebut Raja Salman sebagai "Haleem" yang berarti maha penyantun dan "Shadeed al-Eqab" yang berarti tegas dalam menentukan sanksi. 

Sementara, kedua sebutan ini berkaitan erat dengan nama-nama baik Tuhan dalam Islam.

Dilansir Reuters, Selasa 4 Juli 2017, Kerajaan Arab Saudi pun mengecam hal ini. Apalagi menyamakan Raja Salman dengan Tuhan.

"Ini adalah masalah yang membuat kami tertekan, kami tidak menerimanya dan tidak menyetujuinya serta menyadari bahayanya," sebut pernyataan dari Kerajaan Arab Saudi.

Tak hanya untuk sang penulis, Raja Salman bahkan meminta suatu tindakan tegas juga diambil terhadap surat kabar Al-Jazirah.

Menanggapi hal ini, Al-Jazirah pun akhirnya mengeluarkan permintaan maaf terbuka pada Sabtu pekan lalu.

"Ungkapan dan penghargaan yang diberikan penulis kepada Raja, tidak dapat diterima, terlepas dari hal-hal baik yang Tuhan telah berikan kepada Raja. Semoga Tuhan melindungi dia dan kerhomatannya sebagai pelindung dua kota suci Islam," tulis surat kabar Al-Jazirah dalam kolom permintaan maafnya.



(FJR)