Kebakaran Asrama di Kenya Tewaskan Tujuh Siswa

Faisal Abdalla    •    Sabtu, 02 Sep 2017 20:38 WIB
kebakaran
Kebakaran Asrama di Kenya Tewaskan Tujuh Siswa
Ilustrasi--Kebakaran besar melanda sebuah asrama sekolah menengah berlantai tiga untuk anak perempuan di Aladag, Adana, wilayah Turki selatan, Selasa.

Metrotvnews.com, Nairobi: Kebakaran menghanguskan sebuah asrama sekolah di Ibu Kota Kenya, Nairobi. Setidaknya tujuh siswa dilaporkan tewas dalam insiden ini.

Kejadian ini terjadi pada Sabtu dini hari waktu setempat di Asrama Sekolah Moi Girls, Nairobi. Menteri Pendidikan Kenya, Fred Matiangi memerintahkan agar sekolah itu ditutup selama dua minggu. 

"Kebakaran terjadi pada pukul 02.00 dini hari di salah satu asrama Sekolah Moi Girls. Sekolah ini memiliki 1.200 murid dan menjadi salah satu sekolah unggulan yang sangat kami banggakan," kata Matiangi seperti dilansir dari Reuters, Sabtu 2 September 2017.

Belum diketahui secara pasti penyebab insiden ini. Pihak kepolisian setempat juga menolak memberikan komentar saat dimintai keterangan terkait kejadian tersebut. 

Berdasarkan kesaksian dari salah satu siswa, Daniella Maina, api tiba-tiba saja menjalar saat sebagian besar murid-murid sedang tertidur.

"Kami sedang tertidur, dan seorang temanku terbangun dan mengatakan asrama kami terbakar. Kami dibantu keluar dari asrama oleh beberapa guru," ujar Maina. 

Insiden ini bukanlah kali pertama terjadi di Kenya. Sebelumnya asrama Sekolah Menengah Kyanguli juga pernah terbakar dan menewaskan 58 siswa. 

Insiden serupa juga pernah terjadi di sebuah sekolah di Homa Bay County, Kenya Barat pada 2012 lalu dan menewaskan 8 siswa. Buruknya standar keamanan serta kurangnya sosialisasi prosedur evakuasi darurat dianggap menjadi penyebab maraknya bencana yang terjadi dalam sebuah bangunan di Kenya.





(DHI)