Lebih dari 400 Warga Sipil Lari dari Timur Aleppo

Willy Haryono    •    Minggu, 27 Nov 2016 17:27 WIB
krisis suriah
Lebih dari 400 Warga Sipil Lari dari Timur Aleppo
Pasukan pro pemerintah Suriah mendekati distrik Baeedin di Aleppo, Suriah, 23 November 2016. (Foto: AFP/GEORGE OURFALIAN)

Metrotvnews.com, Beirut: Lebih dari 400 warga sipil melarikan diri dari distrik yang dikuasai pemberontak di timur Aleppo ke arah barat, seiring masuknya pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad, Minggu 27 November.

Menurut laporan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights, warga melarikan diri ke distrik Masaken Hanano dan kemudian digiring ke area yang dikuasai pasukan rezim. 

Seperti dikutip AFP, kantor berita Suriah melaporkan pasukan pemerintah telah menguasai Masaken Hanano, salah satu distrik terbesar yang dikuasai pemberontak di Aleppo. Suriah mengklaim perebutan ini sebagai kemajuan besar dalam upaya mengusir pemberontak. 

Tadi malam, Observatory melaporkan adanya pertempuran baru antara pasukan rezim dan pemberontak di distrik Haidariya dan Sakhur. Pasukan rezim membombardir kedua distrik itu dengan tembakan mortir. 

Pada Sabtu 26 November, Observatory mengatakan sedikitnya 18 warga sipil tewas dalam serangan pemerintah di beberapa distrik di Aleppo. 

Sejak pemerintah Suriah menyerang wilayah timur Aleppo yang dikuasai pemberontak pada 15 November, total 219 warga sipil di sana tewas, termasuk 27 anak-anak. 

Sementara itu pemberontak mengintensifkan serangan roket ke beberapa distrik di barat Aleppo, yang menewaskan sedikitnya empat warga sipil. Serangan serupa telah menewaskan total 27 warga, sebelas dari mereka anak-anak.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA