Badai Irma di Karibia Tewaskan Sembilan Orang

Nur Azizah    •    Jumat, 08 Sep 2017 05:24 WIB
badai
Badai Irma di Karibia Tewaskan Sembilan Orang
Ilustrasi Badai Harvey mendarat di kawasan pesisir Negara Bagian Texas, AS, Jumat (25/8/2017) waktu setempat. Presiden Donald Trump telah menetapkan status tanggap bencana nasional terkait terjangan badai dahsyat tersebut. AFP/JOE RAEDLE/MARK RALSTON.

Metrotvnews.com, Karibia: Sembilan orang meninggal akibat hantaman badai Irma di kepulauan Karibia, Amerika Serikat. Tak hanya menewaskan warga, badai itu juga sudah menghancurkan puluhan rumah di pulau tersebut.

Saat ini pulau kecil di Babuda itu nyaris tak berpenghuni. Wilayah St.Martin hampir hancur, dan jumlah korban kemungkinan akan meningkat.

Irma adalah kategori lima topan paling berbahaya. Saat ini badai tengah bergerak di utara Republik Dominika, menuju ke arah Turks dan Caicos.

Kepulauan Turks dan Caicos merupakan dataran rendah di wilayah luar Inggris. Turks dan Cicos berisiko mengalami gelombang badai, dengan kemungkinan gelombang destruktif  hingga 6m (20ft) lebih tinggi dari biasanya.

Direktur Departemen Manajemen Bencana dan Keadaan Darurat Turks dan Caicos, Virginia Clerveaux mengatakan, daerah pedalaman bahkan bisa terkena badai.

"Kami sekarang mencoba untuk mengingatkan mereka bahwa ini adalah kategori 5, dan dalam sejarah kepulauan Turks dan Caicos, ini adalah badai terbesar yang pernah kami alami,” ujar Virginia seperti yang dikutip dari BBC, Jakarta, Jumat, 8 September 2017.

Ia meminta warga untuk bersiap menghadapi badai Irma. Virginia menyarankan warga menyiapkan makanan dan minuman yang cukup.
 
Sementara itu, kepala badan darurat AS mengatakan bahwa Badai Irma memiliki dampak menghancurkan paling parah saat menyentuh wilayah pesisir selatan Amerika Serikat.

Kepala Badan Manajemen Darurat (FEMA) Brock Long mengatakan, mayoritas orang di sepanjang pantai tidak pernah mengalami badai besar seperti ini. Badai Atlantik yang paling kuat terkadi dalam satu dekade, Irma telah menopang kecepatan angin 285 km / jam (180 mph).


(DEN)