Somalia Klaim Bunuh Pemimpin al Shabaab

Willy Haryono    •    Minggu, 07 May 2017 23:24 WIB
konflik somalia
Somalia Klaim Bunuh Pemimpin al Shabaab
Prajurit Somalia berbaris di Mogadishu, 12 April 2015. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mogadishu: Somalia mengklaim telah berhasil membunuh pemimpin grup ekstremis al Shabaab, Moalim Osman Abdi Badil, dalam baku tembak di Lower Shabelle pada Jumat kemarin. 

Seorang anggota pasukan khusus Navy SEAL Amerika Serikat dan dua prajurit terluka dalam penggerebekan terhadap markas al Shabaab pada Jumat. Itu merupakan kematian pertama dari kubu AS di Somalia sejak insiden "Black Hawk Down" pada 1993. 

"Pada 5 Mei, militer nasional Somalia membunuh pemimpin al Shabaab, Moalim Osman Abdi Badil, dan tiga militan," ujar sebuah pernyataan dari kementerian informasi Somalia, seperti dilansir Reuters, Minggu 7 Mei 2017. 

"Ini akan melemahkan kekuatan teroris di area Lower Shabelle. ini adalah kemenangan bagi pasukan Somalia dan untuk usaha mencapai perdamaian," lanjutnya. 

Pemerintah mengatakan kematian pemimpin al Shabaab "memperkuat perang melawan teror, sehingga para militan memiliki kesempatan untuk meninggalkan" grup ekstremis tersebut. 

Juru bicara al Shabaab tidak dapat dimintai keterangan atas klaim Somalia. 

Militan dari al Shabaab sering melancarkan serangan di Mogadishu untuk menumbangkan pemerintahan Somalia dan pasukan Uni Afrika. Somalia sudah dilanda perang sejak 1991, saat para kepala suku menggulingkan diktator Siad Barre untuk kemudian saling berperang.


(WIL)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA