Beredar Video ISIS Sandera Dua Tentara Rusia

Sonya Michaella    •    Kamis, 05 Oct 2017 09:30 WIB
isis
Beredar Video ISIS Sandera Dua Tentara Rusia
Bendera lambang kelompok ISIS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengeluarkan sebuah video bahwa mereka telah menyandera dua tentara Rusia yang ditangkap di Kota Deir al-Zor, Suriah.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia membantah adanya tentara mereka yang disandera kelompok teroris tersebut. Kemhan Rusia bersama dengan Kementerian Luar Negeri Rusia kompak tak menanggapi beredarnya video dan beritan itu.

Dikutip dari AFP, Kamis 5 Oktober 2017, video berdurasi 42 detik tersebut memperlihatkan ada dua orang memakai jubah berwarna abu-abu berada di dalam sebuah ruangan.

Satu orang berjanggut dan diborgol, serta satu orang lainnya tampak mengalami memar di wajahnya.

Pria berjanggut tersebut berbicara dalam Bahasa Rusia, dan satu orang lain hanya diam. Video tersebut disertai dengan terjemahan Bahasa Arab dan tertanggal 3 Oktober 2017.

Pria berjanggut itu, berbicara kepada kamera, memberikan keterangan
namanya, tanggal lahirnya, dan desa tempat ia berasal di Rusia selatan. Dia kemudian mengatakan bahwa dirinya ditangkap ketika melakukan serangan balasan kepada ISIS.

Dia mengatakan bahwa saat ini berada dipenjara dengan seorang pria lagi, yang nama, tanggal lahir dan daerah asalnya juga ia sebutkan.

Namun, tak ada yang bisa memastikan apakah benar ISIS telah menyandera dua tentara Rusia seperti yang dikatakan dalam video tersebut.

Berkat kekuatan udara Rusia dan milisi dukungan Iran, tentara Suriah
mencapai kota Deir al-Zor pada Agustus lalu, meruntuhkan pengepungan ISIS di daerah tersebut selama tiga tahun.

Dengan jet-jet tempur pimpinan Amerika dan pasukan khusus, sebuah sekutu gabungan petempur Kurdi dan Arab sedang berusaha memerangi ISIS di sisi timur Sungai Efrat, mereka juga merebut petak- petak wilayah di provinsi Deir al-Zor dari ISIS.


(WIL)