Arab Saudi Tak Pandang Bulu Tangkap Koruptor

Sonya Michaella    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:29 WIB
politik arab saudi
Arab Saudi Tak Pandang Bulu Tangkap Koruptor
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi. (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Jakarta: Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menjelaskan bahwa pemerintahannya memang sedang melakukan 'bersih-bersih' para pejabatnya yang melakukan korupsi.

"Ada agenda pemerintah untuk memberantas korupsi yang tidak pandang bulu, setinggi apa levelnya. Karena nilai yang dikorupsi cukup tinggi dan semuanya diproses sama," kata Dubes Al Shuaibi, di Jakarta, Rabu 15 November 2017.

Pembersihan tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian langkah dramatis oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman demi menegaskan pengaruh Saudi secara internasional. Selain mengumpulkan lebih banyak kekuatan untuk dirinya sendiri di dalam negeri.

Dubes Al Shuaibi menampik bahwa pembersihan ini adalah usaha Putra Mahkota untuk mengokohkan cengkeraman Arab Saudi secara internasional.

"Tidak seperti itu. Saya rasa, kami berada di jalan yang benar untuk memberantas korupsi. Untuk memperlancar apa yang terjadi di negara kami terutama untuk bisnis dan investasi," ungkap dia.
 
Namun, ia enggan menjelaskan lebih jauh soal pembersihan anti-korupsi ini.

Berusia 32 tahun, putra mahkota sudah menjadi suara dominan di militer Arab Saudi, kebijakan luar negeri, sosial dan ekonomi. Hal ini memicu kecemburuan beberapa anggota keluarga kerajaan yang menilai putra mahkota memiliki terlalu banyak kekuasaan di usia muda. 
 
Al Arabiya melaporkan komite antikorupsi memiliki kekuatan untuk menginvestigasi, menangkap, mencekal, dan membekukan aset siapapun yang dianggap korup.
 
Hotel Ritz Carlton di Riyadh telah dikosongkan pada Sabtu, yang memicu rumor akan digunakan sebagai tempat penahanan para pangeran. Bandara untuk pesawat pribadi telah ditutup, yang memicu spekulasi putra mahkota berusaha memblokade percobaan melarikan diri dari sejumlah orang. 


(FJR)