Ledakan Disertai Serangan Landa Yaman, 10 Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Selasa, 14 Nov 2017 18:53 WIB
konflik yaman
Ledakan Disertai Serangan Landa Yaman, 10 Orang Tewas
Petugas pemadam kebakaran Yaman berupaya padamkan api akibat serangan di Aden (Foto: AFP).

Sanaa: Insiden pengeboman terjadi di sebuah pos keamanan pemerintah Yaman di Aden pada Selasa 14 November 2017. 10 orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.

Namun jumlah korban tewas masih belum bisa dikonfirmasi oleh pejabat pemerintah. Saksi yang menyampaikan keterangan kepada AFP, Selasa 14 November 2017 mengaku mereka mendengar suara ledakan keras dan disertai dengan tembakan.

Tidak diketahui bagaimana kejadian insiden pengeboman tersebut. Seorang sumber yang merupakan anggota polisi menyebutan bahwa ledakan berasal dari sebuah mobil dan dipicu dari kejauhan.

Sementara Masjid Zayed bin Sultan yang berada tidak jauh dari ledakan, juga rusak akibat serangan ini. Masjid ini berada tidak jauh dari pos keamanan yang dibiayai oleh Uni Emirat Arab (UEA).

UEA yan melatih pasukan pemerintah Yaman di wilayah selatan, merupakan anggota kunci pasukan koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi. Koalisi ini bertempur melawan pemberontak Houthi.

Konflik di Yaman berpangkal pada kekisruhan antara Presiden Abedrabbo Mansour Hadi melawan pasukan gabungan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh bersama dengan pemberontak Houthi.

Serangan yang terjadi mengikuti serangan sebelumnya pada 5 November lalu, yang menewaskan 35 orang. Insiden ini memicu krisis penyanderaan di Aden dan kelompok Islamic State (ISIS) mengklaim serangan tersebut.


(FJR)