Gempa 6 SR Mengguncang Wilayah Iran

Fajar Nugraha    •    Jumat, 01 Dec 2017 11:40 WIB
gempa bumi
Gempa 6 SR Mengguncang Wilayah Iran
ilustrasi: AFP

Kerman: Gempa 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Iran, pada Jumat 1 Desember pagi waktu setempat. Gempa dengan kedalaman dangkal itu mengguncang Kota Kerman.
 
Menurut Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), setelah gempa pertama yang cukup besar, gempa susulan pun melanda dengan kekuatan 5,0 SR dan 5,1 SR di wilayah yang sama.
 
"Hingga saat ini tidak kematian dilaporkan usai gempa, meskipun guncangan membuahkan kerusakan di beberapa desar," ujar Pejabat unit krisis di Kerman, Hossein-Ali Mehrabizadeh, seperti dikutip AFP, Jumat 1 Desember 2017.
 
Pusat gempa berada di sekitar 60 kilometer sebelah utara Kerman. USGS memprediksi bahwa kecil kemungkinan adanya korban jiwa ataupun kerusakan berat.
 
Meskipun USGS menyebutkan getaran gempa mencapai 6,0 SR, angka berbeda dikeluarkan oleh pusat seismologi Universitas Tehran. Mereka menyebutkan getaran gempa mencapai 6,1 SR dengan gempa susulan di angka 5,1 dan 4 SR.
 
Gempa terbaru ini muncul setelah dua minggu sebelumnya terjadi gempa 7,3 SR yang melanda Provinsi Kermanshah. Gempa itu menewaskan lebih dari 500 orang.
 
Iran kerap dilanda gempa karena wilayah berada di atas dua lempeng teknonik yang sering bersinggungan.
 
Pada 1990, gempa berkekuatan 7,4 SR melanda wilayah utara Iran. Gempa tersebut menyebabkan 40 ribu warga tewas dan melukai 300 ribu lainnya.



(FJR)