Tiga Pekerja Asing Diculik di Libya

Fajar Nugraha    •    Selasa, 20 Sep 2016 09:30 WIB
libya
Tiga Pekerja Asing Diculik di Libya
Ilustrasi: Tribune Pakistan

Metrotvnews.com, Tripoli: Aksi penculikan terhadap warga asing terjadi di Libya. Kali ini dua warga Italia dan seorang warga Kanada diculik oleh orang tak dikenal.
 
Kondisi keamanan di Libya saat ini dianggap tidak memadai khusus sejak Moammar Khadafi dilengserkan. Selain itu kelompok militan Islamic State (ISIS) juga berupaya membangun kekuatannya.
 
Pihak Kementerian Luar Negeri Italia mengakui adanya penculikan ini. Tetapi mereka menolak untuk memberikan keterangan detail, mengingat situasinya sangat sensitif saat ini.
 
Sementara pernyataan dari pihak pemerintahan Kota Ghat menyebutkan, warga asing yang diculik itu bekerja untuk perusahaan CON.I.COS. Mereka diculik oleh pelaku tidak dikenal, di jalanan yang menghubungan Tahala dan Ghat.
 
Pihak pemerintah kota menyebutkan nama dua orang warga Italia adalah Bruno Cacace dan Danilo Calonego. Sementara warga Kanada yang diculik hanya diketahui dengan nama Frank.
 
Pernyataan dari Kepala Balai Kota Ghat, Koumani Mohammed Saleh menyebutkan bahwa Al Qaeda tidak terlibat dalam penculikan ini.
 
"Penculikan dilakukan oleh sekelompok kriminal. Pihak berwenang berupaya untuk membebaskan mereka," ujar Saleh, seperti dikutip Associated Press, Selasa (20/9/2016).
 
"Insiden ini belum pernah terjadi sebelumnya di Ghat," lanjut Saleh.
 
Sementara pihak pemerintah Kanada menyebutkan pihaknya mengetahui laporan penculikan terhadap warganya ini. Juru Bicara Global Affairs Canada Michael O'Shaughnessy mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengupayakan pembebasan melalui berbagai cara.



(FJR)