Pura-Pura Antre Makanan, Wanita di Nigeria Ledakkan Diri

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Dec 2017 09:10 WIB
boko haram
Pura-Pura Antre Makanan, Wanita di Nigeria Ledakkan Diri
Lokasi ledakan bom bunuh diri di pasar Gomboru, Maiduguri, Nigeria, 31 Juli 2015. (Foto: AFP/STR)

Maiduguri: Seorang wanita yang berpura-pura mengantre jatah makanan meledakkan dirinya di sebuah pasar padat pengunjung di Nigeria, Sabtu 2 Desember 2017. Ledakan menewaskan sedikitnya 13 orang. 

Wanita kedua juga meledakkan diri dan melukai sejumlah orang. Peristiwa terjadidi kota Biu, sekitar 185 kilometer dari ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri. 

"Pelaku pertama berpura-pura mengantre sebagai salah satu penerima jatah," ujar Mohammed Maliya, warga yang ikut menolong petugas, seperti dilansir CBS. 

"Dia terlihat tenang, dan bahkan sempat makan sebuah pisang sebelum meledakkan diri," sambungnya. 

Insiden terjadi kurang dari dua pekan setelah lebih dari 50 orang tewas dalam bom bunuh diri di sebuah masjid di Mubi, kota yang berlokasi 170 km dari Biu. 

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terbaru. Namun kecurigaan jatuh kepada kelompok ekstremis Boko Haram. 

Belakangan, Boko Haram semakin sering menggunakan wanita dan anak-anak untuk melancarkan aksinya. Sebelum diminta meledakkan diri, wanita dan anak-anak itu biasanya diindoktrinasi terlebih dahulu. 

Boko Haram adalah dalang dari sekitar 20 ribu kematian di Nigeria sejak delapan tahun terakhir. Pemberontakan Boko Haram ini merembet ke beberapa negara tetangga, yang membuat jutaan orang kelaparan dan terusir dari temmpat tinggal mereka.


(WIL)