Politikus Australia Lamar Kekasih Sesama Jenis di Parlemen

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Dec 2017 16:14 WIB
homoseksual
Politikus Australia Lamar Kekasih Sesama Jenis di Parlemen
Unjuk rasa mendukung LGBT di Sydney, Austrlaia, Agustus 2017. (Foto: AFP)

Canberra: Seorang politikus konservatif Australia melamar kekasih sesama jenisnya di hadapan anggota Parlemen. Lamaran tersebut dilakukan dalam proses pembahasan undang-undang pelegalan pernikahan sesama jenis di sana.

Anggota Parlemen dari Partai Liberal, Tim Wilson, melamar pasangan sesama jenisnya, Ryan Bolder di Canberra. Sebelumnya, mereka telah bertunangan dan bertukar cincin, namun belum menikah karena menunggu pengesahan rancangan undang-undang (RUU) pernikahan sesama jenis tersebut.

"Perdebatan ini menjadi irama lagu hubungan kita," ujar Wilson, seperti dilansir dari laman Independent, Senin 4 Desember 2017.

"Pada pernyataan pertama kami, saya menggambarkan ikatan kami dengan cincin. Itulah jawaban atas pertanyaan yang tidak dapat kami ajukan. Namun sekarang, ada satu hal yang harus dilakukan, Ryan Patrick Bolder, maukah kamu menikah denganku?" tanya Wilson di hadapan Parlemen.

Sang kekasih langsung mengangguk setuju yang disambut dengan tepuk tangan meriah para anggota Parlemen.

Mayoritas warga Australia mendukung pernikahan sesama jenis dalam pemungutan suara September lalu. Rancangan undang-undang kesetaraan perwakilan yang lolos dari Senat pekan lalu kini sedang diperdebatkan di parlemen. RUU yang melegalkan pernikahan sesama jenis itu diharapkan akan disahkan pekan ini.

Pengesahan RUU itu akan menjadikan Australia sebagai negara ke-26 yang mengesahkan pernikahan sesama jenis. Ini akan menjadi sebuah terobosan bagi negara yang pernah melarang semua aktivitas homoseksual pada 1997.


(WIL)