Militer Rusia Klaim Evakuasi 52 Warga Ghouta Timur

Sonya Michaella    •    Senin, 12 Mar 2018 15:23 WIB
krisis suriahsuriah membarakonflik suriah
Militer Rusia Klaim Evakuasi 52 Warga Ghouta Timur
Serangan pasukan Suriah di Ghouta Timur. (Foto: AFP)

Moskow: Militer Rusia mengklaim bahwa mereka telah mengevakuasi 52 warga sipil, termasuk 26 anak-anak dari Ghouta Timur yang telah dikuasai pasukan Suriah.

"Warga sipil yang merupakan penduduk kota Misraba dibawa ke sebuah kamp pengungsi sementara, di mana mereka mendapat bantuan medis," sebut pernyataan resmi dari militer Rusia, dikutip dari AFP, Senin 12 Maret 2018.

Sebelum itu, baru saja pasukan Suriah kembali membombardir wilayah Ghouta Timur. Daerah yang dikuasai pemberontak tersebut dihancurkan dan puluhan orang terjebak di bangunan yang roboh.

Akibatnya, sekitar 23 warga sipil dilaporkan tewas. Pasukan Suriah menyerang Ghouta Timur dengan serangan udara, bom barel dan roket.

Menurut laporan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), pasukan Suriah memusatkan tembakan mereka ke Harasta dengan 18 serangan udara termasuk bom barel.

Setelah bertempur sepanjang pagi, mereka merebut kota Medeira, yang terletak di jantung tiga zona tersebut. 

Dimulai sejak 18 Februari, pasukan rezim Suriah di bawah Presiden Bashar al-Assad terus menggempur Ghouta Timur yang dikuasai pemberontak. Saat ini, rezim Suriah telah menguasai lebih dari separuh Ghouta Timur.


(WIL)