333 Tentara Turki Ditangkap Berkaitan dengan Fethullah Gulen

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 29 Nov 2017 16:06 WIB
politik turki
333 Tentara Turki Ditangkap Berkaitan dengan Fethullah Gulen
Seorang anggota militer Turki melakukan penjagaan di wilayanya (Foto: AFP).

Istanbul: Polisi Turki melakukan penggerebekan di 49 kota dan menahan lebih dari 300 tentara. Para tentara ini ditahan karena diduga memiliki hubungan dengan Fethullah Gulen yang melakukan kudeta tahun lalu.
 
Jaksa penuntut umum Istanbul mengeluarkan surat perintah penangkapan 360 orang yang diduga berkaitan dengan Gulen. Dari jumlah tersebut, 333 di antaranya adalah tentara sementara sisanya merupakan warga sipil yang dicurigai sebagai 'imam rahasia' dan bertanggung jawab atas kudeta tersebut.
 
Kantor berita Anadolu melaporkan dua tentara ditahan di kota Zonguldak.
 
"Mereka nantinya akan dibawa ke Istanbul di mana penyelidikan terhadap 'struktur' Gulen di militer berlangsung," demikian laporan kantor berita tersebut, seperti dikutip oleh AFP, Rabu, 29 November 2017.
 
Dari 360 orang yang dicari, 216 di antaranya merupakan tentara bertugas aktif. Dan tujuh tersangka yang dicari adalah pilot.
 
Turki menuduh Gulen mendalangi kudeta untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 15 Juli 2016 lalu. Gulen membantah keras klaim tersebut.
 
Sejak kudeta gagal itu, lebih dari 50 ribu orang ditangkap diduga berkaitan dengan ulama Muslim yang bersembunyi di Amerika Serikat tersebut.
 
Dia mengasingkan diri ke negara bagian Pennsylvania, AS, sejak 1999. Dia menegaskan bahwa kelompoknya damai dan tidak memiliki hubungan dengan teror di Turki.



(FJR)