Kebakaran di Kanada Barat Paksa Ribuan Warga Mengungsi

Arpan Rahman    •    Senin, 17 Jul 2017 20:26 WIB
kebakaran hutan
Kebakaran di Kanada Barat Paksa Ribuan Warga Mengungsi
Ilustrasi kebakaran hutan. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Williams Lake: Ribuan orang meninggalkan rumah mereka di Kanada barat akhir pekan lalu, saat angin kencang membuat kebakaran hutan semakin meluas di provinsi British Columbia.

Menurut laporan kantor berita CBC, Senin 17 Juli 2017, nyala api mendorong pihak berwenang melakukan tindakan darurat baru, yakni mengevakuasi 24.000 orang dari wilayah tersebut.

Daerah yang dievakuasi kota Williams Lake, yang merupakan dihuni sekitar 11.000 orang.

Sekitar 60 persen penduduk yang terkena dampak kebakaran telah meninggalkan rumah mereka.

Menteri transportasi provinsi tersebut, Todd Stone, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa antara 36.000 dan 37.000 orang sudah dievakuasi dari rumah masing-masing. Kebakaran hutan Kanada yang dipicu cuaca panas mendorong pemerintah mengeluarkan status darurat pada 7 Juli.

Pihak berwenang menyebutkan, ada 162 kebakaran hutan aktif di Kanada saat ini. Itu termasuk sekitar 15 titik yang mengancam daerah permukiman.

Sekitar 3.000 petugas pemadam, termasuk 415 orang yang dikirim dari provinsi-provinsi sekitarnya, saat ini sedang memerangi Si Jago Merah.

Sementara itu di Kanada selatan, awak pemadam yang dibantu pesawat terbang di negara bagian California, Amerika Serikat (AS), membuat kemajuan berarti dalam upaya pemadaman api di 11 titik aktif.

"Berita bagus! Semua peringatan evakuasi untuk #AlamoFire telah dicabut. Peralatan pemadam kebakaran masih berada di area kerja -- hati-hati," cuit akun resmi California Fire.

Kebakaran di Whittier, yang dimulai pada 8 Juli, telah melalap areal seluas 18.015 hektare dan membakar hampir 2.000 bangunan.

 


(WIL)