Arab Saudi Bantah Bayar Rp1,8 M untuk Iklan Anti-Qatar di AS

Fajar Nugraha    •    Selasa, 01 Aug 2017 19:57 WIB
arab saudikisruh qatar
Arab Saudi Bantah Bayar Rp1,8 M untuk Iklan Anti-Qatar di AS
Burung merpati beterbangan di sekitar Masjidil Haram, Mekkah (Foto: Adam Dwi/Media Indonesia).

Metrotvnews.com, Jakarta: Beredar kabar yang menyebutkan bahwa para pelobi Arab Saudi di Amerika Serikat (AS) membayar sejumlah uang, untuk menyebarkan iklan yang sifatnya anti-Qatar.
 
 
Seperti diketahui, hubungan antara Qatar dan beberapa negara Timur Tengah saat ini tengah memanas, setelah terjadi pemutusan hubungan diplomatik.
 
Metrotvnews.com, yang menukil sebuah artikel dari Al-Jazeera pada 25 Juli 2017 lalu, menulis adanya tuduhan bahwa lobi-lobi Arab Saudi yang membeli spot iklan TV selama 30 detik untuk menyuarakan tuduhan Qatar mendanai terorisme.
 
Isi kontrak yang dilihat oleh Al Jazeera, mencantumkan nilai USD138.000 atau sekitar Rp1,8 miliar. Namun hal ini dibantah keras oleh pihak Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, melalui pernyataan tertulis yang diterima Metrotvnews.com.
 
"Setelah melakukan penelusuran sumber berita tersebut, Kedutaan mendapati bahwa berita dimaksud merupakan hasil nuklian dari situs-situs berita yang berupaya merusak nama baik Kerajaan Arab Saudi dan Dua Kota Suci," tegas pihak Kedubes Arab Saudi, kepada Metrotvnews.com.
 
"Kami sampaikan bahwa berita itu tidak benar sama sekali," imbuh pernyataan tersebut.
 
Tanggapan ini merupakan koreksi dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta atas kebenaran berita yang dimaksud. 



(FJR)