Paraguay, Negara Ketiga yang Buka Kedubes di Yerusalem

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 22 May 2018 15:36 WIB
israel palestina
Paraguay, Negara Ketiga yang Buka Kedubes di Yerusalem
Presiden Paraguay Horacio Cartes (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). (Foto: AFP).

Yerusalem: Paraguay resmi membuka kantor kedutaan besar di Yerusalem. Pembukaan dilakukan pada Senin 21 Mei 2018 waktu setempat.

Pembukaan kantor kedubes di Yerusalem merupakan yang ketiga kalinya usai Amerika Serikat (AS) pada 14 Mei, disusul Guatemala dua hari kemudian.

"Ini adalah hari bersejarah yang memperkuat hubungan Paraguay dengan Israel," ucap Presiden Paraguay Horacio Cartes dalam pidato pembukaan yang juga dihadiri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dilansir dari laman The Jerusalem Post, Selasa 22 Mei 2018, Netanyahu menyambut baik pembukaan kedutaan Paraguay di Yerusalem tersebut. Menurut dia, Paraguay merupakan teman terbaik Israel.

"Ini hari yang besar bagi Israel. Tak ada sahabat yang lebih baik bagi Israel selain Paraguay. Ini menjadi momentum persahabatan dua negara," tukasnya.

Dia menambahkan Israel tak akan pernah melupakan bantuan Paraguay saat warga Yahudi melarikan diri dari Jerman pada Perang Dunia II. Selain itu, Paraguay juga mendukung berdirinya Israel dan mengakui Negeri Bintang Daud itu di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Paraguay di bawah kepemimpinan Cartes mengambil langkah 'berani' dalam masalah internasional dan 'menolak bekerja sama dengan kebohongan yang ditujukan kepada Israel," kata Netanyahu.

"Kami akan selalu mengingatnya. Terima kasih Horacio. Terima kasih dan terima kasih Paraguay," kata Netanyahu.

Netanyahu juga mengundang Cartes dalam sebuah resepsi di Kementerian Luar Negeri di Yerusalem.


(WIL)