Qatar Beri Status Resmi bagi Pendatang dan Warga Asing

Sonya Michaella    •    Kamis, 03 Aug 2017 08:33 WIB
qatar terbuka
Qatar Beri Status Resmi bagi Pendatang dan Warga Asing
Para pendatang yang baru tiba di Hamad International Airport, Doha. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Doha: Qatar, yang kini sedang dikucilkan Negara Teluk, telah membuat sebuah status resmi bagi penduduk asing yang dianggap telah bekerja dan mengabdi untuk Qatar. 

Di bawah peraturan tersebut, anak-anak yang memiliki ayah berkewarganegaraan Qatar dan ibu warga asing atau sebaliknya dapat memperoleh keuntungan dari status tersebut.

Dikutip dari Al Jazeera, Kamis 3 Agustus 2017, mereka yang memenuhi status baru ini akan diberikan akses yang sama seperti warga Qatar, misalnya layanan kesehatan dan pendidikan gratis.

Pemberian status permanent resident ini juga menjangkau mereka yang telah bekerja untuk kepentingan negeri itu. 

Untuk pertama kalinya di negara Teluk, menteri kabinet Qatar menyetujui langkah tersebut.

Sementara, langkah seperti ini diperkirakan akan menguntungkan ratusan bahkan ribuan warga asing yang tinggal di Qatar saat ini.

Warga dengan status 'Permanent Resident' juga akan menerima perlakuan yang lebih baik untuk pekerjaan di bidang administrasi dan layanan bersenjata.

Selain itu, mereka juga dapat memiliki properti sendiri dan menjalankan beberapa aktivitas komersial, tanpa memerlukan pasangan berkewarganegaraan Qatar.

Qatar yang kaya minyak memiliki populasi 2,4 juta orang, 90 persen di antaranya adalah orang asing, termasuk banyak dari Asia Tenggara yang bekerja dalam sektor konstruksi.



(WIL)