Menteri Israel Merayakan Penembakan Warga Palestina

Fajar Nugraha    •    Selasa, 10 Apr 2018 21:12 WIB
palestina israel
Menteri Israel Merayakan Penembakan Warga Palestina
Warga Palestina selamatkan rekannya yang terkena luka tembak dari prajurit Israel (Foto: AFP).

Tel Aviv: Kabinet Israel dikenal dipenuhi dengan tokoh sayap kanan. Dua orang menteri yang dikenal garis keras mendukung video prajurit mereka yang bersukacita usai menembak warga Palestina.
 
Video itu menyebar luas di media sosial dan situs berita. Militer Israel sendiri menghadapi kritik keras atas penggunaan peluru tajam ke arah warga Palestin di Gaza.
 
Dua menteri sayap kanan Israel pada hari Selasa membela tentara setelah sebuah video muncul untuk menunjukkan mereka menembak seorang Palestina dan bersukacita di dalamnya menyebar luas di media sosial dan situs berita. 31 warga Palestina tewas sejak akhir Maret karena protes massal telah menyebabkan bentrokan.
 
Militer Israel mengatakan insiden dalam video itu tampak jelas tanggal dan bulannya. Mereka menambahkan bahwa insiden itu akan diselidiki secara menyeluruh.
 
Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan menganggap remeh tindakan prajurit yang berada dalam video.
 
"Kami akan bersikap membela dengan video ini," kata Erdan, dari partai Likud pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, seperti dikutip AFP, Selasa 10 April 2018.
 
"Itu tidak menunjukkan tembakan ke semua orang, tetapi pada seorang teroris yang mendekati penghalang di zona yang tidak sah yang berasal dari daerah yang dikendalikan oleh teroris Hamas," katanya kepada radio publik.
 
"Saya yakin bahwa semuanya baik-baik saja. Sangat alami saat melihat reaksi manusia oleh para tentara yang dihadapkan dengan situasi tegang," tuturnya.
 
Pejabat senior Palestina Hanan Ashrawi mengatakan, video itu menunjukkan apa yang dituduhkan warga Palestina tentang tindakan tentara di perbatasan Gaza, "tapi tidak ada yang mendengarkan." Penembakan di video itu tampaknya terjadi di sepanjang perbatasan Gaza dengan Israel.
 
Suara-suara dapat didengar membahas tembakan yang menembaki ke arah orang Palestina yang tidak langsung mengancam dekat pagar. Seorang penembak kemudian muncul untuk menembak satu, menjatuhkan orang itu ke tanah.


(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

4 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA