Nigeria Tahan Dua Jurnalis atas Peliputan Boko Haram

Arpan Rahman    •    Selasa, 08 Jan 2019 18:04 WIB
boko haramnigeria
Nigeria Tahan Dua Jurnalis atas Peliputan Boko Haram
Prajurit Nigeria dalam parade militer di Abuja, 1 Oktober 2018. (Foto: AFP/SODIQ ADELAKUN)

Maiduguri: Pasukan keamanan Nigeria menggerebek kantor surat kabar Daily Trust dan menahan dua jurnalisnya terkait peliputan kelompok bersenjata Boko Haram.

Petugas gabungan kepolisian dan paramiliter Nigeria menggerebek kantor tersebut yang terletak di utara kota Maiduguri. Dua orang yang ditahan adalah editor Uthman Abubakar dan reporter Ibrahim Sawab.

"Penggerebekan itu merupakan respons terhadap peliputan kami atas persiapan militer untuk merebut kembali kota Baga yang dikuasai Boko Haram pekan lalu," ucap seorang sumber di Daily Trust kepada kantor berita AFP, Senin 7 Januari 2019.

"Mereka mencari reporter kami Hamza Idris yang meliput untuk artikel tersebut. Namun mereka menangkap dua reporter lain saat tidak dapat menemukan Idris," tambah seorang sumber lainnya.

Kepolisian Nigeria menyegel kantor Daily Trust usai menyita beberapa laptop dan telepon genggam kedua jurnalis. Belasan prajurit Nigeria juga menggerebek kantor pusat Daily Trust di Abuja pada Minggu malam.

"Ini merupakan kelanjutan dari yang awalnya terjadi di kantor Maiduguri. Mereka masuk ke ruang berita di lantai tiga, kemudian menyita komputer serta laptop dan meminta semua orang untuk pergi," ujar seorang sumber lain di Daily Trust.

"Mereka menyegel bangunan. Ini artinya koran kami tidak akan ada esok hari, yang merupakan kali pertama dalam 20 tahun," lanjut dia.

Menurut beberapa sumber lain, operasi serupa dilakukan terhadap kantor Lagos Daily Trust di waktu bersamaan dengan di Abuja.

Baca: Boko Haram Serang Pasukan Keamanan Nigeria, 13 Tewas


(WIL)