Suara Tembakan Terdengar di Kediaman Pribadi Presiden Zimbabwe

Fajar Nugraha    •    Rabu, 15 Nov 2017 09:23 WIB
zimbabwe
Suara Tembakan Terdengar di Kediaman Pribadi Presiden Zimbabwe
Robert Mugabe, sudah berkuasa di Zimbabwe hingga lebih dari 30 tahun (Foto: AFP).

Harare: Suara tembakan terdengan di kediaman pribadi miliki Presiden Zimbabwe Robert Mugabe di Harare. Hal itu dilaporkan pada Rabu 15 November pagi waktu setempat.

"Dari dalam rumahnya, kami mendengar sekitar 30 hingga 40 suara tembakan. Kejadian berlangsung antara tiga hingga empat menit setelah pukul 2.00 pagi," ujar seorang saksi, kepada AFP, Rabu 15 November 2017.

Kondisi ini makin mempertanyakan mengenai kelangsungan kekuasaan dari Mugabe. Dalam beberapa waktu terakhir, pemimpin berusia 93 tahun itu berupaya keras untuk mempertahankan kekuasaannya.

Sebelumnya, Panglima Tentara Nasional Zimbabwe, Jenderal Constantine Chiwenga, mengecam suksesi di Front Uni Nasional Zimbabwe Patriotik-Afrika (Zimbabwe African National Union-Patriotic Front/ZANU–PF). 

(Baca: Panglima Tentara Zimbabwe Kecam Partai Berkuasa).

Kecaman muncul sebagai tanggapan atas pemecatan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa dan pembersihan anggota partai senior yang sejalan dengannya. Hingga meningkatkan kekhawatiran akan kudeta yang potensial.

Sikap Jenderal Chiwenga menjadi serangan langsung terhadap Presiden Robert Mugabe, yang mengatakan bahwa tidak semestinya tentara mengganggu politik partai karena "politik ada di depan senjata".

Chiwenga menambahkan bahwa Zanu-PF telah dibajak oleh kaum kontrarevolusioner yang agendanya menghancurkan partai berkuasa itu dari dalam. Karena itu, mengacu beberapa gangguan di dalam partai selama perjuangan pembebasan, tentara akan memainkan peran serupa untuk menghentikannya.



(FJR)