Rusia Tuding Belgia Bunuh Enam Warga Sipil di Aleppo

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Oct 2016 16:58 WIB
krisis suriah
Rusia Tuding Belgia Bunuh Enam Warga Sipil di Aleppo
Warga berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan udara di Aleppo. Suriah, 2 Mei 2016. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Rusia menuduh Belgia, salah satu anggota koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS), membunuh enam warga sipil lewat serangan udara di Aleppo. Brussels membantah keras. 

"Enam orang tewas dan empat lainnya terluka akibat pengeboman yang menghancurkan dua rumah di desa Hassajik di Aleppo pada Selasa pagi," ujar pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia. 

"Dua pesawat F-16 Belgia teridentifikasi pada saat itu di kawasan tersebut. Tidak ada pesawat Rusia maupun Suriah di kawasan tersebut," lanjutnya. 

Seperti dilansir AFP, juru bicara Kemenhan Belgia Laurence Mortier membantah ada jet tempur negaranya yang aktif pada saat itu. 

Selasa kemarin Moskow mengumumkan menghentikan sementara serangan udara di Aleppo menjelang jeda kemanusiaan selama delapan jam pada Kamis besok. 

Jubir Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mendesak AS untuk segera mengeluarkan pernyataan yang "mengecam keras serangan terhadap warga sipil." "Saya rasa foto-foto korban tewas tidak akan sulit ditemukan," tulis dia di akun Facebook. 

Operasi pemerintah Suriah di Aleppo -- yang telah menghancurkan rumah sakit dan infrastruktur publik lainnya -- disebut-sebut sebagai aksi kekerasan terburuk dalam perang sipil yang sudah menelan lebih dari 300 ribu jiwa. 

Negara-negara Barat menuduh Rusia dan Suriah melakukan kejahatan perang di Aleppo. 

Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadapi tekanan Barat terkait konflik Suriah dan Ukraina dalam dialog internasional di Berlin hari ini. Sejak terlibat konflik di Suriah pada 2015, Rusia terus mendapat tekanan dunia internasional karena mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA