Bertemu Pompeo, Menlu Turki Sebut Ancaman AS tak Mempan

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 03 Aug 2018 15:36 WIB
amerika serikatturki
Bertemu Pompeo, Menlu Turki Sebut Ancaman AS tak Mempan
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (kiri) dan Menlu AS Mike Pompeo (kanan). (Foto: AFP).

Singapura: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya tidak akan mempan dengan ancaman sanksi yang diberikan Amerika Serikat (AS). Ungkapan tersebut disampaikan di depan Menlu AS Mike Pompeo ketika keduanya bertemu di Singapura.

"Dari awal kami sudah mengatakan bahwa ancaman dan sanksi pihak lain tidak akan mendapatkan hasil apa pun," ucapnya dalam pidato di pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN di Singapura, dilansir dari AFP, Jumat, 3 Agustus 2018.

Amerika Serikat mengancam akan memberikan sanksi untuk Turki karena menahan seorang pendeta Amerika Serikat. Andrew Brunson ditahan di penjara selama hampir dua tahun sebelum dia dipindahkan menjadi tahanan rumah pekan lalu.

Para pejabat Amerika mengharapkan pembebasannya dan kecewa karena dia hanya diubah statusnya sebagai tahanan rumah.

Brunson dituding melakukan kegiatan atas nama dua kelompok yang dilihat Ankara sebagai teroris. Pertama adalah kelompok Fethullah Gulen, yang disalahkan atas upaya kudeta pada Juli 2016, dan kedua bergabung dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Brunson memimpin sebuah gereja protestan di kota Aegena, Izmir. Dia menyangkal tudingan tersebut.

Meski demikian, jika terbukti bersalah, Brunson berisiko dipenjara hingga 35 tahun. Sidang berikutnya akan dilaksanakan pada 12 Oktober.


(AHL)