Israel Belum Tanggapi Keputusan Pemindahan Kedubes AS

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Dec 2017 10:14 WIB
palestina israel
Israel Belum Tanggapi Keputusan Pemindahan Kedubes AS
Kedutaan Besar AS di Tel Aviv, Israel. (Foto: AFP)

Tel Aviv: Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu belum memberikan tanggapannya terkait langkah Amerika Serikat (AS) mengenai pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Namun, seorang pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri Israel menyambut baik keputusan Trump.

"Kami tentu menyambut keputusan Trump dan Israel akan siap menghadapi pecahnya perang dan kekerasan," ujar dia, dikutip dari AFP, Rabu 6 Desember 2017.

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, Trump sudah berbicara dengan Netanyahu soal pemindahan Kedubes AS tersebut.

"Presiden cukup solid dalam pemikirannya saat ini," kata Sanders, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pekan lalu, seorang menteri dari Israel juga sempat bertemu dengan pejabat AS di Washington dan mengapresiasi usaha dan keputusan Trump.

"Kesan saya, Presiden Trump akan tahu bahwa Yerusalem adalah ibu kota abadi orang Yahudi selama 3.000 tahun, dan segera menjadi ibu kota Israel," tukas dia.

Ketika ditanya, apakah Israel bersiap untuk kemungkinan terburuk, jika Trump nantinya akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, menteri tersebut menjawab semuanya sedang dipersiapkan.

"Kami sedang mempersiapkan setiap pilihan. Apapun bisa meletus. Jika Presiden Mahmoud Abbas memimpin ke arah itu, maka ia melakukan kesalahan besar," ucap dia lagi.

Wacana AS akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sudah tersiar sejak Senin kemarin. Dalam situasi yang cukup panas ini, baru saja Trump menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan mengatakan, rencana pemindahan Kedubes akan segera terealisasi.



(FJR)