Anggota Parlemen India Dikecam usai Gelar Kompetisi Ciuman

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 12 Dec 2017 22:25 WIB
peristiwa unik
Anggota Parlemen India Dikecam usai Gelar Kompetisi Ciuman
Kemeriahan ko,mpetisi ciuman di distrik Pakur, Jharkhand, India, 10 Desember 2017. (Foto: ANI)

Ranchi: Dua anggota parlemen India menjadi sorotan karena mengadakan kompetisi ciuman. Keduanya berdalih kompetisi dilakukan untuk menekan angka perceraian di kalangan pasangan suami istri.

Salah satu anggota parlemen yang digugat, Simon Marandi, mengatakan bahwa kompetisi di distrik Pakur, Jhakrhand, itu diadakan justru menghentikan, atau meminimalisasi, aksi kekerasan rumah tangga yang sering menimpa perempuan. Dengan begitu, diharapkan angka perceraian juga menurun.

Simon Marandi merupakan anggota parlemen asal wilayah Littipara, Santhal Pargana. Dia hadir dan menyaksikan langsung kompetisi tersebut.

Sementara anggota parlemen lainnya, Stephen Marandi, mengaku hanya hadir saat pemberian hadiah.

Seperti diberitakan India Today, Selasa 12 Desember 2017, kompetisi tersebut ternyata menuai protes. Pengurus daerah partai BJP, partai konservatif India yang saat ini sedang berkuasa, mengecamnya.

Hemlal Murumu, wakil presiden BJP wilayah Santhal Pargana, menuntut agar kedua anggota parlemen itu dihentikan. "Simon Marandi dan Stephen Marandi telah menghina budaya Santhal Pargana dengan mengadakan acara kompetisi berciuman," ujar Murumu. 

"Kami menuntut parlemen segera menarik mereka dan tidak membiarkan mereka menghadiri sesi musim dingin mulai besok," imbuhnya pada wartawan di Ranchi .

Ia juga menambahkan, kompetisi ciuman tidak pernah menjadi budaya di Santhal Pargana. "Ini adalah penghinaan terhadap kekuatan perempuan," lanjut Murumu.

Murumu juga menuntut agar kedua anggota parlemen itu meminta maaf kepada kepala desa. Ia juga menegaskan, di Santhal Pargana, seorang anak laki-laki dan gadis bahkan tidak bisa begitu saja berjabat tangan.

Video kompetisi ciuman India telah beredar di media sosial. Di video tersebut terlihat sejumlah pasangan dari wilayah tersebut berciuman di tengah sorak sorai penonton.


(WIL)