Pesepakbola Mohamed Salah Raih Suara Terbanyak Kedua di Pemilu Mesir

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 05 Apr 2018 09:48 WIB
politik mesir
Pesepakbola Mohamed Salah Raih Suara Terbanyak Kedua di Pemilu Mesir
Pesepakbola Mohamed Salah terima suara kedua terbanyak di Pilpres Mesir. (Foto: AFP).

Kairo: Dalam pemilihan umum Mesir pada 26 hingga 28 Maret lalu, diumumkan Abdel Fattah al-Sisi sebagai pemenang. Namun, yang menempati urutan kedua suara terbanyak ternyata bukanlah Moussa Mostafa Moussa, melainkan pesepakbola Mesir Mohamed Salah.

Dilaporkan The Arab News, Rabu 4 April 2018, lebih dari satu juta warga Mesir memberikan suara mereka untuk Salah, padahal namanya tidak ada dalam kertas suara. Salah memperoleh suara sebanyak 1,76 juta atau 7,27 persen.

Angka tersebut hampir tiga kali lipat jumlah yang diterima Moussa, yakni 656 ribu suara atau 2,9 persen dari total penghitungan.

Meski pun suara untuk Salah tidak sah, namun keunggulannya tersebut rupanya menggelitik masyarakat Negeri Piramida tersebut.

"Benar suara untuk Mohamed Salah lebih besar dari suara untuk Moussa, namun suara ini tidak sah. Nama Salah ditulis sendiri oleh para peserta pemilu," kata petugas dewan pemilihan umum Mesir.

Jumlah suara yang tidak sah pada pemilihan tahun ini adalah peningkatan tajam daripada di kontes sebelumnya, yang hanya berkisar 4,07 persen pada 2014 dan 3,1 persen pada 2012.

Hampir semua pengamat menganggap pemilihan presiden Mesir 2018 ini tidak bebas atau adil. Pasalnya, lima kandidat utama, termasuk Sami Anan dan Ahmed Shafiq, dipecat atau dipenjara jelang pemilihan.

Akibatnya, al-Sisi kembali menduduki kursi pemerintahan dengan kemenangan telak, yaitu mencapai lebih dari 90 persen suara.



(FJR)